Anda Traveller? Inilah Sejarah Bendungan Air Pintu Sepuluh

  • Beranda
  • Jurnal
  • Anda Traveller? Inilah Sejarah Bendungan Air Pintu Sepuluh
Anda Traveller Inilah Sejarah Bendungan Air Pintu Sepuluh

Sewa Motor Tangerang – Di kota Tangerang terdapat suatu tempat peninggalan sejarah yang dapat dijadikan tempat wisata yang menarik bagi para traveller yaitu Bendungan Air Pintu Sepuluh. Jika anda menyukai nuansa tempat wisata yang memiliki nilai sejarah, maka Bendungan Air Pintu Sepuluh ini bisa menjadi salah satu tempat yang yang layak untuk anda kunjungi. Sesuai dengan Namanya, Bendungan ini memiliki sepuluh pintu! Berdiri kokoh membendung sungai Cisadane. Bendungan ini terletak di Jalan Raya Sangengo, kelurahan Koang Jaya, kecamatan Karawaci, kota Tangerang.

Anda dapat menaiki kendaraan pribadi, kendaraan umum, ataupun bisa juga dengan menyewa motor di UNO sewa motor Tangerang yang berada di sekitar daerah Tangerang untuk mengakses tempat wisata yang menarik ini. Karena berada di daerah Sangego, maka tak jarang Bendungan Air Pintu Sepuluh ini biasa juga disebut dengan sebutan bendungan Sangego. Ada juga yang menyebutnya Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane karena bendungan ini memang terletak membelah tepat aliran sungai Cisadane.

Bendungan Air Pintu Sepuluh ini dibangun pada awal abad ke-20 (antara sekitar tahun 1921-1930). Berarti Bendungan ini sudah berumur sekitar 100 tahun dan masih berdiri dengan megah dan kokohnya menantang aliran sungai Cisadane. Pembangunan bendungan ini merupakan bentuk manifestasi politik etis atau politik balas budi yang dijalankan oleh pemerintah Belanda saat itu terhadap penduduk Indonesia. Selain dari pada membangun Bendungan Air Pintu Sepuluh ini, pemerintahan Belanda saat itu juga membangun fasilitas pengolahan air bersih  di samping bendungan ini.

Fasilitas pengolahan air tersebut hingga kini diteruskan menjadi kantor PDAM Tangerang yang berfungsi sebagai pendistribusian air baku atau air bersih bagi warga sekitar sungai Cisadane. Tentunya Bendungan Air Pintu Sepuluh ini merupakan salah satu bangunan peninggalan sejarah yang kuat dan kokoh hingga mampu bertahan dan dapat kita nikmati saat ini. Fungsi utama dari pembangunan Bendungan ini ialah menjaga dan mengontrol debit air sungai Cisadane sehingga mampu menghindari terjadinya Banjir dan mempermudah irigasi.

Baca Juga: Apa Saja Sih yang Ada di Ocean Park BSD Tangerang?

Memang awal pembangunan Bendungan Air Sepuluh ini ditujukan untuk pengontrolan debit air sungai Cisadane, tetapi tempat ini menjadi salah satu tempat yang menarik warga masyarakat sekitar sehingga menjadi terkenal sebagai salah satu tempat wisata yang memiliki nilai sejarah. Tempat Bendungan Air Pintu Sepuluh ini terletak lumayan jauh dari wilayah perkotaan sehingga menawarkan suasana keindahan alam tersendiri. Apalagi ketika menjelang sore hari ditemani dengan sorot warna kemerahan matahari sore hari, benar-benar menimbulkan panorama yang berkesan.

Untuk para pecinta photografi, wisata Bendungan Air Pintu Sepuluh ini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi karena menyediakan suasana yang memukau terutama di sore hari. Apalagi untuk selfie ria bersama teman-teman, dijamin anda akan mendapatkan salah satu momen tak terlupakan di hidup anda. Jika anda malas untuk memakai kendaraan pribadi, anda dapat menyewa di UNO sewa motor Tangerang di daerah Tangerang.

UNO Rental Motor merupakan salah satu sewa motor Tangerang yang terpercaya yang dapat anda temui di daerah Tangerang. Anda tidak perlu repot-repot lagi karena kami menyediakan perbagai kendaraan dengan kondisi yang terjamin. Anda dapat memilih kendaraan sendiri, dan anda boleh mengecek kembali kondisi motor sebelum anda memakainya. Segera hubungi kami dan anda akan mendapatkan pengalaman berkendara ke berbagai tujuan dengan nyaman tanpa khawatir dengan beberapa problem yang menyangkut kualitas motor yang anda kendarai.

Leave A Reply

X